GPS Map (Peta GPS) Indonesia Udah Ada

Selama ini saya masih menganggap aplikasi menggunakan peta dan GPS masih belum bisa dipakai di Indonesia. Ternyata saya salah.

Di luar negeri memang dari apa yang saya baca penggunaan aplikasi GPS dan peta sabagai penunjuk jalan memang sudah populer. Ternyata udah ada juga peta dan GPS yang bisa membantu kita mencari jalan di kota-kota di Indonesia.

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya pergi ke Surabaya dan salah seorang teman mengeluarkan GPSnya. Nampaknya dia agak ingin pamer gadget barunya itu. Semula saya menanggapinya dengan setengah hati karena saya pikir paling-paling baru bisa nunjukin koordinat aja.
Selagi dia asik nempelin tuh GPSnya di kaca mobil, saya memperhatikan dengan pesimis. Dan kebetulan sinkronisasinya lama. Jadi saya masih yakin kalau GPS map itu emang belum bisa dipakai.
Tapi dia ngotot, katanya sampai dia udah nyobain sampai ke kota-kota kecil kaya Cianjur juga bisa. Mendengar keterangan itu saya jadi sedikit tertarik. Dan voila, meskipun memerlukan waktu beberapa menit untuk sinkrinisasi satelitnya, ternyata GPSnya bisa menunjukkan dengan tepat lokasi mobil yang kami kendarai termasuk nama jalan dan posisi mobil yang ditandai dengan titik merah yang berkedip.
Cuman itu?
Ternyata tidak. Si GPS itu udah bisa juga memberikan saran arah yang seharusnya kita ambil setelah kita melakukan setting lokasi tujuan. Kebetulan saat itu saya menuju ke Sheraton Hotel yang ada di sekitar Tunjungan Plasa. Untuk beberapa lokasi utama memang sudah ada databasenya dan kita bisa memilih dari pilihan lokasi yang ada berdasarkan kategori, misalnya hotel, nama jalan, dll.
Hebatnya lagi, begitu sudah dekat ke hotel, si GPS bisa ngomong juga. Tujuan tinggal 100 meter lagi. Gitu katanya. Saya terus terang tidak menyangka kalau aplikasi GPS Map itu udah bisa dipakai di negara kita.
Setelah saya tanya lebih jauh, ternyata peta yang tersedia baru ada untuk Jawa dan Bali saja. Tapi menurut saya itupun sudah kemajuan yang signifikan ya :).
Jadi pengen beli nih pikir saya.
Kebetulan, beberapa hari yang lalu, saya ke IBCC dan melihat pameran laptop. Ternyata ada juga yang jualan GPS map itu bahka dengan tulisan bahwa peta Sumatra akan segera siap.
Namun begitu lihat harganya yang masih di atas 2 juta, saya mengurungkan niat beli saya.
Lha wong perginya ke luar kota juga jarang. Kalau Bandung udah apal, jadi agak kurang bermanfaat untuk saya pribadi.
Tapi untuk kamu yang sering bepergian ke kotta-kota baru terutama di Jawa dan Bali, kayanya gadget itu pantas dimiliki, daripada ketipu ama supir taksi kan.
Semoga bermanfaat.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

5 comments:

Anonymous said...

Bagus boss... cuma mo nanya download peta utk gps garmin dimana...?

Bagas

Anonymous said...

Hallo, Rekan dan Teman2 semuanya....Dalam Rangka Memperingati hari kemerdekaan kita yang ke 63 (17 Agustus 2008) maka Tim Map Developer dari Navigasi.net mempersembahkan kepada semua masyarakat indonesia peta Global Positioning Sistem (GPS) dalam format GPS Garmin. Peta tersebut sudah mencakup hampir semua wilayah tanah air kita dan akan di update tiap satu bulan sekali. Peta tersebut dapat didownload secara gratis di http://www.navigasi.net/goptd.php. Mudah2an Peta tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua...MERDEKA!!!!!

Sekian
Ary M

eko said...

Hallo teman2, aku baru punya GPS Garmin Nuvi 205, aku butuh peta sumatera nih. Ada yang bisa bantu ngak? Terima kasih.

bams said...

sekarang sdh ada GPS 1 jt an, kualitasnya oke punya. gak pake uang bulanan lagi. aku gak sengaja buka2 di http://www.rajagps.com silakan coba.

Generasi Rabbani said...

sy puny gps trimble juno sb, gimna caranya untuk install peta indonesia ? dimna memperolehnya ? mohon pencerahannya..salam hangat