Cara Membuat Topik Tesis yang Dahsyat

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat membuat tesis adalah menentukan topik. Biasanya diikuti pembuatan proposal dan tesis sebenarnya. Bukankah Anda merasa kesulitan menentukan topik tesis. Ya, hal ini memang menyebalkan. Tapi jangan khawatir, setelah membaca tips berikut ini Anda akan merasa menentukan topik tesis itu sangat mudah. Terdengar terlalu hebat? baca terus.

Saat menentukan topik tesis, Anda sngat mungkin akan merasakan kesulitan akibat beberapa hal berikut:

  • Sama sekali blank
  • Khawatir topik yang Anda pilih tidak memadai untuk Tesis.
  • Khawatir topik Anda akan buntu di tengah jalan.
  • Khawatir sama dengan yang lain.
  • Terlalu umum
  • Terlalu dangkal
  • Khawatir tidak ada literatur pendukung
Percayalah, sebagian besar pembuat Tesis merasakan hal yang sama. Termasuk saya. Tapi jangan biarkan hal-hal itu menghentikan proses membuat Tesis Anda.
Dan jangan khawatir, saat Anda membaca tulisan ini, sedikit demi sedikit masalah-msalah tadi akan terpecahkan dengan sendirinya. Tidak percaya? Ok, saya akan mulai.

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang Tesis adalah bahwa Tesis umumnya akan meneliti "pengaruh". Saya ulangi lagi kata kunci ini : PENGARUH.

Jika Anda ragu-ragu dengan pernyataan saya, pergilah ke Perpustakaan dan lihatlah judul-judul yang ada. Anda akan melihat bahwa sebagian besar dari Judul Tesis yang ada menggunakan kata itu "PENGARUH" atau jika dalam bahasa Inggris "Effect".

Tesis umumnya akan meneliti pengaruh suatu variabel independen terhadap variabel independen. Contoh judul Tesis adalah seperti ini "Pengaruh Bulan Perdagangan terhadap harga saham". Contoh lain "Pengaruh merek, harga dan kualitas terhadap penjualan handphone".

Anda lihat, selalu ada kata pengaruh kan?

Mengapa kata pengaruh / effect ini penting? karena kata ini akan membantu Anda dalam menentukan apakah sebuah topik layak untuk Anda lanjutkan.

Ok, untuk bagian ini, Anda sudah mendapat sebuah kata kunci yang penting dalam pembuatan Tesis yaitu "PENGARUH". Dalam posting berikutnya kita akan sedikit membahas tentang cara pembuatan teori, dan dilanjutkan dengan jurus jitu menentukan topik Tesis.


Lanjutkan baca ke Posting berikutnya.

Salam hangat.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

8 comments:

Anonymous said...

hahaha.... bagus jg...
cukup menginspirasi...

Anonymous said...

krim dong teknik selanjutnya ke sb_80kanci@yahoo.com. sy membutuhkannya nih. thanks

Anonymous said...

ak br lulus s1,pgn lanjut s2,tp masih ragu2 coz ak pnya otak yg ga pinter2 amat,umurku jg br 23,,,pengalaman&pengetahuan msh minnim,
ak tkt ga bs sukses bikin tesis...

Anonymous said...

menarik juga, kirim dong ke harunarsul91@yahoo.co.id Terima kasih.

Anonymous said...

bagus ya informasinya..boleh emailkan kepada saya? ashyraz90@yahoo.com.. saya sangat2 memerlukan...makasih ya.. :)

Unknown said...

Mengapa selalu harus kata kuncinya pengaruh, ujung-ujungnya jadi pake regressi juga. Rasanya sudah muak dengan regressi, pengen cari yang laen, yang lebih menarik dan ada sesuatu yang baru untuk terus ditelusuri.

Cay said...

Terima kasih sharing-nya, cukup inspiratif dan tidak salah. Namun patut dicatat, bahwa ketika kita memulainya dengan berpikir "pengaruh," maka penelitian kita hampir akan selalu mengarah ke pembuktian kuantitatif. Apabila kita 'paksakan' ke arah kualitatif, maka judul dengan "pengaruh" ini akan menjadi titik lemah kita dan membuka peluang bagi para penguji yang teliti untuk 'menyerang' kita, menanyakan mengapa mencari "pengaruh" namun tidak terkuantifikasi, dsb. Bagi teman-teman aliran kualitatif yang mau menghindari hal ini, bisa pilih kata-kata lain yang tidak perlu menunjukkan keterhubungan seminal semacam itu.

wa2n tips said...

Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI