Rahasia Dahsyat Mencari Topik Tesis

Topik tesis sangat penting dan merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Dalam tulisan sebelumnya kita sudah melihat sebuah kata kunci yang baik tentang tesis yaitu "pengaruh" atau "effect". Dalam tips rahasia pembuatan tesis kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana kedua kata tersebut akan sangat bermanfaat dalam menentukan Topik tesis Anda. Siap?

Dalam menentukan topik sebuah tesis kita sering mengalami keraguan. Salah satu keraguan yang sangat sering muncul adalah mengenai resiko duplikasi judul dan kecukupan literatur. Benar kan?


Saya akan sampaikan beberapa langkah penting untuk membantu Anda menentukan topik tesis:
Tentukan topik sesuai minat Anda, saya sarankan pilih 3- 5 pilihan topik.

Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Gunakan kata "Pengaruh" atau "Effect". Rumusnya adalah Pengaruh [variabel independen] terhadap [variabel independen]. Misalnya: "Pengaruh bulan perdagangan terhadap harga saham". Sebagai penyegar ingatan Anda, variabel dependen adalah variabel yang tidak tergantung pada variabel lain, dalam contoh topik ini, bulan perdagangan. Variabel independen adalah variabel yang tergantung pada variabel lain, dalam contoh adalah harga saham. Contoh lain misalnya Pengaruh bonus, gaji dan sistem reward terhadap motivasi kerja karyawan PT. X.
  • Ingat, biasanya topik tesis tidak ditujukan untuk membuat teori baru. Tetapi membuat penelitian berdasarkan teori yang sudah ada. Untuk langkah ini, Anda mau tidak mau harus membaca literatur yang ada. Sumber literatur bisa dari buku teori (best resource), penelitian lain dalam bentuk jurnal ilmiah (my favourite resource) atau tesis lainnya.
  • Dari sumber yang sudah Anda baca, Anda bisa membuat topik tesis dengan melakukan penelitian ulang karena penelitian terdahulu sudah tidak valid lagi karena sudah terlalu lama, atau karena data terdahulu belum cukup. Rahasianya adalah baca bagian akhir penelitian tersebut setelah kesimpulan yang berjudul "saran". Anda akan melihat saran pengembangan penelitian tesis lebih lanjut dari penulis sebelumnya.
  • Anda juga bisa meneliti ulang dari jurnal ilmiah luar negeri untuk kasus di Indonesia atau lebih sempit lagi di perusahaan tertentu. Di sini Anda akan meneliti apakah terjadi pengaruh antara variabel yang sama di tempat kita berada.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan riset mengenai ketersediaan teori, jurnal ilmiah dan tesis lain yang berkaitan dengan topik tesis Anda. Dalam langkah ini Anda perlu memperhatikan 2 hal yaitu kemungkinan duplikasi topik tesis dan ketersediaan literatur. Anda bisa mencarinya dengan cara membaca di perpustakaan, membaca jurnal ilmiah luar negeri yang biasanya juga tersedia di perpustakaan (kalau tidak ada, saya sarankan Anda menjadi anggota di perpustakaan yang menyediakan jurnal ilmiah luar negeri. Perpustakaan S2 di perguruan tinggi negeri umumnya menyediakan jurnal-jurnal ini. Jurnal ini biasanya tersedia dalam bentuk CD yang jumlahnya sangat banyak namun memiliki indeks yang memiliki fasilitas search. Atau Anda bisa juga melakukan riset tahap awal menggunakan cara kesukaan saya, Google. Google? Ya, Anda tidak salah, dan dalam tulisan berikutnya kita akan bahas teknik rahasia melakukan riset menggunakan google dan fasilitas pencarian di jurnal ilmiah perpustakaan Anda.
Stay tuned, and c u.
Semoga bermanfaat.
Salam hangat.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

No comments: