Instalasi Program Palm lewat MMC

Tadi siang ada teman saya yang menanyakan apakah saya membawa kabel data Treo saya? Tentu saja saya tidak membawanya, lagian siapa juga yang mau ribet ngebawa kabel data ke mana-mana. Selidik puny aselidik, ternyata dia mau install program Palm di Treonya dan membutuhkan kabel data saya untuk install dari komputernya. Apa solusinya?

Semula saya pikir semua pemilik Treo atau Gadget berbasis palm lainnya sudah mengetahui bahwa kita bisa melakukan instalasi program tidak hanya dari komputer kita melalui kabel data. Nah, kembali ke kasus teman saya tadi, kebetulan saya membawa card reader saya. Lalu saya ceritakan bahwa kita juga bisa menginstal program berbasis palm kita dengan menggunakan external Memory yang slotnya memang sudah tersedia di Treo. Memang prinsip instalasi di Palm hanya seperti mengcopy file yang dibutuhkan saja (dan umumnya program Palm kecil dan hanya terdiri dari 1 file .prc saja). Dengan gembira, langsung saja dia meminjam kabel data saya dan saya tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Sorenya dia mengembalikan kabel Treo saya dengan menitipkan pada teman yang lain.
Penasaran apakah berhasil atau tidak, saya telpon balik ke dia. Ternyata gagal katanya. Dia sudah berhasil mengcopy programnya dari komputer ke MMC, namun saat di lihat di Palm dengan niat untuk mengcopy ke internal memory ternyata filenya tidak ada.
Tahu kenapa?
Tentu saja karena dia tidak mengcopy aplikasi Palm tadi ke direktori yang seharusnya yaitu di bawah direktori palm. Terang saja gagal.
Sayangnya waktu sudah sore, sehingga percobaan mungkin dilanjut besok lagi.

So, bagi para pemilik Palm, ingat bahwa kita umumnya bisa melakukan instalasi dengan menggunakan bantuan MMC kita. Langkahnya:
1. Copykan file .prc yang kita inginkan ke MMC dengan menggunakan Card Reader. Ingat, copy di bawah direktori Palm.
2. Masukkan MMC kembali ke Palm gadget kita.
3. Beberapa program palm memungkinkan kita untuk langsung mengeksekusi program dari MMC, namun beberapa program lainnya mengharuskan pemanggilan dari internal memory.
4. Untuk kasus yang kedua tadi, copykan terlebih dahulu file program .prc tadi dari MMC ke internal memory Palm kita (gunakan menu standar di palm gadget anda).
Semoga bermanfaat.
Salam hangat.


BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

No comments: