Cara menyuruh anak makan tanpa marah plus

Anak-anak tertentu sangat sulit disuruh makan. Anak saya sendiri sulit disuruh makan, dan kalau makan memerlukan waktu sangat lama. Hal ini sangat membuat kita frustasi kan? Anda sudah pergi ke dokter, ahli gizi, memberi vitamin, memaksanya makan, semua tanpa hasil kecuali kelelahan batin yang bertambah. Tulisan ini akan membagi pengalaman luar biasa yang saya alami dalam mengatasi masalah itu.

Tulisan ini sepeti biasa juga akan memberikan tips yang sangat berguna dan dapat langsung anda gunakan untuk membuat mereka makan dengan lahap. Bagaimana caranya?

Sangat sederhana. Kebetulan anak saya sangat senang bermain dengan teman-temannya (dan saya pikir semua anak senang bermain kan?). Dan kadang saya sangat sulit untuk mengerem waktu bermainnya. Apa hubungannya antara anak bermain dengan makan? Nah, dengan tips luar biasa ini, anda akan bahkan bisa mengatasi 2 masalah pelik sekaligus:

Membatasi waktu bermain anak anda
Mengatasi anak yang sulit makan.

Luar biasa bukan? Ayo, mana tipsnya. Saya yakin anda sudah tidak sabar lagi menunggunya. Paragraf berikutnya sangat penting. Perhatikan baik-baik.

Prinsipnya adalah bagaimana kita bisa menggunakan dua faktor yang jika dipisahkan merupakan masalah besar bagi orang tua. Kesukaan bermain anak dan ketidaksukaan makan anak. Dengan sedikit trik keduanya bisa menjadi faktor pendorong yang saling menguatkan. Saya akan langsung memberikan contoh.

Saat anak saya baru mulai makan, kira-kira 5 menit (dari seluruh waktu makannya yang biasanya memerlukan 1-2 jam), dia menanyakan apa boleh bermain ke rumah tetangga seperti yang biasanya dia lakukan. Tentu saja saya jawab boleh (saya selalu berusaha menjawab dengan positif permintaan anak saya namun tetap memberikan batasan) tapi ada waktunya. Terjadi negosiasi, karena dia ingin waktu bermainnya 1 jam dan saya hanya memperbolehkan 15 menit (ini strategi yang ampuh untuk memperbolehkan dia bermain tapi tetap membatasi dengan positif).

Saat itu muncul ide yang sangat luar biasa di benak saya dan langsung saya coba saat itu juga. Dan ini merupakan inti dari tips saya. Perhatikan baik-baik kalimat mujarab ini.

Saat itu jam 13:05 dan Saya katakan begini: “Ok, kamu boleh bermain sampai jam 2 sore dan itu satu jam dari sekarang, tapi kamu baru bisa bermain setelah makananmu habis”.

Ajaib, dia langsung menghabiskan makannya hanya dalam waktu 15 menit, dan segera bermain dengan gembira bersama teman-temannya.

Saya ulangi lagi, dia menghabiskan makanannya hanya dalam waktu 15 menit. 4 kali lebih cepat dibanding rekor waktu makan tercepatnya yaitu 1 jam.

Anda pasti bisa langsung melihat logika menarik yang ada di dalam kalimat itu. Mungkin anda masih perlu menerjemahkannya sedikit pada anak anda dan menekankan 2 fakta ini:

Kalau makan kamu lambat, waktu bermain kamu sedikit
Kalau makan kamu cepat, waktu bermain kamu banyak.

Anda lihat, dengan kata lain kita mengunakan kesukaan bermainnya untuk memotivasi dia makan. Kita bisa membuat 2 hal yang merepotkan menjadi saling menguntungkan… Hanya dengan menambahkan satu elemen katalisator penting, “waktu”.

Kita semua sudah tahu, sebuah motivasi yang muncul dari dalam diri anak itu sendiri akan jauh lebih kuat dibandingkan teriakan marah kita untuk menyuruhnya makan.

Sangat menarik. Dan saya pikir kita akan cukup banyak melihat peluang untuk melakukan hal yang sama untuk memotivasi anak kita tanpa perlu marah.

Pernah punya pengalaman yang sama? Cobalah. Dan bagi pengalaman anda.

Salam hangat.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

6 comments:

Bunda said...

Kalo bapak sih enak....,
sekedar menghadapi susah makan bukan dalam arti harfiah

Beri tips dong,
Bagaimana mengatasi susah makan dalam arti harfiah..:))

vinadanvani said...

bagus nih tips nya, dulu sy jg pnah ngalami spt itu dan sy jg melakukan hal yg sama, namun itu hanya efktif 3-4 kali saja. Selanjutnya ya kembai lg spt semula

adhipraz said...

Maksud Bunda susah makan dalam arti harfiah itu apa ya :))?? Memang yang namanya tips di sini tidak berlaku selamanya, it has to be managed. Makanya tugas ibu di rumah memang sangat berat sebenarnya dan sangat mirip dengan tugas di kantor ataupun pengusaha dalam mengasuh anak.
Saya tulis di sini tujuannya untuk menambah ide, siapa tahu berguna bagi yang belum melakukannya, dan siapa tahu ada yang berminat share juga pengalamannya.
Salam hangat.

Aghtt said...

susah makan dalam arti harfiah mungkin susah makan karena tidak ada yang dimakan atau susah mencari makan

adhipraz said...

Ha...ha..ha...
Maksudnya itu toh.
Salam hangat.

Dewi Tantri said...

wah boleh juga tuh, pengalaman mas adhi. kalo menghadapi anak susah makan emang maunya emosi aja, takut mereka kurang gizi he...he...