Cara Sholat Khusyu dalam 2 Langkah

Cara sholat khusyu yang saya lakukan sangat sederhana dan baru saja saya coba saat sholat shubuh hari ini. Walaupun menurut saya yakin belum 100% khusyu, tapi untuk kasus pagi ini sudah lumayan membantu.

Problem sholat saya adalah sering sekali pikiran atau ingatan tentang hal-hal selain bacaan sholat yang melintas di pikiran. Dan hal itu sangat banyak sekali terjadi setiap sholat, bahkan setiap ganti gerakan hampir selalu ada pikiran yang melintas. Masalah kursus online, pekerjaan, mau sarapan apa, lhah, pokonya liyeur ceu orang sunda mah.
Kebetulan beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah buku tetang ilmu pikiran yang ada latihannya. Hal menarik yang dapat saya tangkap saat membaca sampai di bab 3 adalah cara latihan untuk fokus pada tujuan. Bagi Anda yang pernah membaca Hukum Tarik Menarik, maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara ini.
Pada dasarnya adalah kita harus membuang pikiran negatif dan memikirkan hal-hal yang positif saja, sehingga yang datang pada kita nantinya adalah hal yang positif saja.
Dalam latihan di buku tersebut, disebutkan bahwa tahap I kita mencoba membuat diri kita memikirkan hal yang kita inginkan dan kemudian memblok hal yang tidak kita inginkan. Ini seperti latihan konsentrasi.
Lalu tadi pagi saya secara tidak sengaja, saat sholat terpikir untuk mencobanya di sholat.
Caranya sangat sederhana. Setiap kali ada pikiran yang melintas langsung hati saya mengatakan "JANGAN DIPIKIRKAN", itu tidak penting. Ternyata langsung saja pikiran yang melintas itu hilang.
Itu saya lakukan setiap kali ada pikiran yang datang.
Setelah itu, saya mengatakan lagi "BICARALAH". Dengan mengatakan hal itu dalam hati ternyata saya langsung teringat kalau sedang bicara pada Allah.
Jadi, cukup lakukan 2 langkah itu saat ada pikiran yang melintas: "JANGAN DIPIKIRKAN" dan "BICARALAH".
Saya yakin bahwa metode ini masih jauh dari sempurna, tapi at least it works for me. Paling tidak untuk memblok pikiran-pikran yang ndak relevan yang melintas di kepala saya setiap sholat.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Salam hangat.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

9 comments:

White said...

Klo kata mbah saya biar sholatnya khusyuk, Waktu sholat: "mulut ngucap ati jalan" (hati nya bicara: "Allah..Allah..Allah.." trus mulutnya baca bacaan sholat seperti biasa) emang sih awalnya susah tp klo udah synchronize rasanya uenak tenaaan..

Aroel_TSM said...

fikiran yang melintas secara cepat memang agak susah di handal.. tapi caranya tadi coba saya terapkan.. Berikan hambamu ini ke khusyuk'an shalat... amiinnn

oi said...

sukron atas tipsnya :)

kharista villas canggu said...

sangat sulit menghilangkan smua pkiran yang tertuju hanya pada Allah..tp jika kita niat betul sholat dg khusyu insya allah pati bisa sholat khusyu

Lilrid said...

Tambahan tips mudah: 1 cara Sholat agar lebih Khusuk yaitu dengan NIAT.
Niat bukanlah sekedar melafadzkan niat (usholli..dst), tapi ya kesungguhan lahir batin sejak persiapan sampai akhir, dan sebagai ibadah kepada Allah. Kan dalam bahasa sehari-hari niat bisa dimaknai bermaksud atau bersungguh-sungguh. konsep khusyuk lebih luas dari pada konsentrasi, ini juga bisa diterapkan pada setiap aktivitas kita. Yang terpenting tetaplah berusaha dan belajar. Semoga tambah baik ibadah kita...aamiin.

Roed said...

Mas Adhiprazz
Insyaalah sholat khusuk yg anda lakukan adalah sholat khusuk ala anda sendiri bukan sholat khusuk yg di maksudkan di hadist. Jika anda ingin tahu bgmn cara sholat khusuk yg benar, anda harus tahu METODE/CARA/JALAN menuju hakikat KeTuhanan. Baru anda akan menemukan cara/metode sholat khusuk yg di maksudkan di hadist. Tks . . . . Roed

Anonymous said...

Nasehat yang bagus,,
terima kasih atas tips yg diberikan,,

memang khusyu' dalam sholat bukan perkara gampang...

Sungguh2 benar jawaban Sahabat Ibnu Abbas, ketika beliau menjawab pertanyaan orang Nashrani, "Mengapa kaum muslimin ketika memasuki masjid mereka harus berjuang ekstra memperbaharui niat,, sementara kami ketika memasuki gereja hati kami langsung tentram membawa ketenangan??" beliau menjawab, "Memang benar demikian, karena buat apa setan susah payah menggoda kalian padahal setan juga tau klo kalian dalam kesesatan,,sementara kaum muslimin berjuang agar ibadah mereka ikhlas hanya karna Alloh.."

kaos bukhari said...

pikiran yang sellalu melintas,,,,
membuat kita susah untuk khusyu,,,

fahru cheida said...

trmksh infony, semoga sholat saya bs lbh khusyuk. kunjungi jg site sy di http://fahrub.blogspot.com/2013/02/efek-samping-obat-kimia_17.html