Tips Membantu Anak Mencatat Ceramah Tarawih

Sore ini tiba-tiba anak saya minta diajak sholat tarawih. Selidik punya selidik ternyata dia mendapat tugas dari guru sekolahnya untuk mencatat isi ceramah tarawih. Kaget juga Saya, soalnya baru kelas 2 SD masak disuruh mencatat isi ceramah, mana ngerti dia.

Akhirnya, malam ini saya putuskan untuk melatihnya mencatat ceramah malam ini dengan saya berpura-pura sebagai penceramah untuk dipraktekkan besok. Setelah mencari sebentar di google, saya menemukan materi ceramah ramadhan yang menarik.

Pertama saya coba bacakan dan ...alamak... ditulis kata per kata!!!! Padahal kecepatan nulisnya masih 2 kata per menit. Terang aja langsung teriak-teriak minta diulang. Mana ada ustadz lagi ceramah bisa disuruh ngulang ...ada-ada aja tuh anak.
Kemudian saya sampaikan, jangan ditulis semua , coba cari kalimat-kalimat yang penting aja. Kali ini masih gagal juga, karena ya itu...kecepatan nulisnya masih super lambretta...
Akhirnya saya minta dia ambil kertas bekas kosong, terus saya bacakan sekali lagi isi ceramah itu namun kali ini dia hanya saya minta menuliskan kata-kata saja yang sempat didengar, dia ngerti dan singkat. Meskipun awalnya agak keteteran, tapi akhirnya berhasil juga dia menulis beberapa kata.
Saya sempat mengingatkan juga kalau tidak usah berusaha mengingat seluruh isi cceramah. Kalau ada yang kelewat biarin aja, gitu kata saya.
Nah, dari kata-kata kunci tadi, baru saya minta anak saya tadi untuk menuliskan kalimat berdasarkan persepsi dia. Lumayanlah, menurut taksiran saya 70% cukup mengena dengan isi ceramah yang saya bacakan tadi.
Jadi, besok saya mau tes dengan life trial. Modal kertas kosong, besok akan saya coba membuat dia menuliskan kata-kata kunci saja dan menuliskan kembali kalimatnya setelah sampai di rumah.
Mudah-mudahan kalau Anda kesulitan membantu anak anda menulis ceramah tarawih ramadhan, tips ini bisa berguna.
Salam hangat.


BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

No comments: