Telkomsel Flash vs IM2 Broom Review

Untuk back up akses internet dan memenuhi kebutuhan mobilitas, saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan Broom sebagai tambahan atas akses Speedy saya di rumah. Namun bulan Februari ini saya akhirnya pindah ke Telkomsel Flash. Mengapa? Simak ceritanya di sini.

Sepulang dari perjalanan haji bulan Desember lalu saya membeli paket IM2 Broom karena tertarik dengan paket unlimitednya yang cuman 100 rb/bulan. Dan ini adalah paket pra bayar, sehingga kita bisa langsung beli dan aktifkan. Proses aktivasinya enak banget dan tidak berbelit-belit. Maklum pra bayar. Say buru-buru membelinya karena kuatir kehabisan seperti yang terjadi pada paket Telkomsel Flash Unlimited beberapa bulan sebelumnya.

Sebagai modem pasangannya saya memilih Option ICON 225 yang harganya sama dengan Huawei E320. Saya tebus dengan harga 960 ribu.
Saat saya coba di rumah pada malam harinya everything is fine. Buka youtube juga lumayan cepat walaupun masih di bawah Speedy. Tapi sudah jauh lebih dari cukup untuk pekerjaan saya yang cuman butuh browsing, email dan chatting. Problem datang saat saya coba keesokan harinya.
Masalah yang muncul saat mencoba akses siang hari adalah kesulitan login. Jika pada malam hari samapi subuh, login sangat mudah. Cukup sekali langsung berhasil. Nah pada siang hari, bisa puluhan kali baru sukses. Itupun dengan koneksi yang kecepatannya drop. Tapi yah, karena tidak ada pilihan lain, saya tetap bertahan dengan Broom saya ini. Sampai akhirnya bulan Februari ada perubahan.
Saya dengar dari teman saya bahwa Telkomsel mengeluarkan lagi paket unlimited, hanya saja memang promonya tidak besar-besaran seperti Broom. Sebelum memutuskan mengambil paket tersebut, saya coba bandingkan antara Broom dengan Flash milik teman saya.
Saat dicoba di tempat yang sama, hasil test ke speedtest.net menunjukkan bahwa kecepatan Flash lebih baik, padahal server test yang digunakan adalah milik IM2. (Aneh ya?).
Berbekal hal itu saya memutuskan go untuk mengambil paket Telkomsel Flash itu. Cuman saya memang belum yakin apakah kejadian sulit login di Broom juga akan terjadi di rumah saya.
Alhamdulillah, setelah mencoba paket unlimited Flash, saya tidak pernah kesulitan login lagi dari rumah, dan saya mendapatkan sinyal yang lebih kuat di rumah saya.
Berdasarkan pengalaman tersebut, saya simpulkan bahwa Broom unggul di sisi kemudahan aktivasi, sedangkan Flash lebih baik dalam sinyal, kemudahan login dan kecepatan. (Tapi saya yakin bahwa hal ini sangat bergantung lokasi).
Anda punya pengalaman yang berbeda?
Salam hangat.
Lihat juga pengalaman saya setelah sekitar sebulan menggunakan Telkomsel Flash.



BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

26 comments:

Anonymous said...

Emang bedane apa mas? Kecepatan Telkom Flash brp??? Cz aku pake' IM2 Broom..

adhipraz said...

Pas saya bandingin kecepatan donlot Broom 40 Kbps sedangkan Flash 200 an Kbps. Tapi minggu lalu waktu saya coba lagi Broom sudah membaik jadi 200 an kbps juga. Saya rasa IM2 sudah memperbaiki BWnya. Tapi masalah kesulitan login tetap saya alami sampai minggu lalu.

Anonymous said...

Dhi..dulu sewaktu Flash unlimited muncul dan banyak pengguna, jaringannya sempat tumbang juga. Dan kasusnya persis sama IM2 (Indosat) sekarang, banyak komplain. Setelah lama berlalu, saya pernah pakai Flash lancar2 saja tuuh. Sempat terpikir ketika Indosat menawarkan Broom, jangan2 kasus flash terulang, tapi katanya jaringan IM2 kuat. Kenyataannya dan apa yg saya pikirkan terjadi. Baru saja saya bandingkan yg limited (speed unlimid til 3,6 Mbps) 100rb dapet 300Mb di Flash dan 200Mb pakai Broom, dan Flash sempat ngasih diskon 50%, nggak tahu sekarang masih ada apa nggak.

Anonymous said...

Bisa nggak broadband flash/broom dipakai oleh beberapa PC dalam intranet pakai Hub?

adhipraz said...

Iya, makanya mungkin kemarin IM2sempet telat antisipasinya, makanya drop BW sama sulit login.
Untuk diskon 50% aku ndak tau, yang aku pakai unlimited Flash, 125 rb/bln, speednya 256 kbps s.d 3 GB, setelah itu turun jadi 64kbps.
Sebagai perbandingan, Broom unlim itu 100 rb tapi 256 kbpsnya cuman sampai 2 GB aja.
Penawaran Flashnya limited offer cuman sampai 28 Februari dan hanya untuk lokasi tertentu, mungkin Tsel kuatir drop lagi networknya.
Kalau dipakai beberapa PC, katanya ada alat khususnya Tot, cuman rada mahal. Mending kamu pasang proxy aja di laptop/PC yang connect ke modemnya. PC lainnya nanti di set proxynya ke situ.
AKu biasanya pake FreeProxy. Gratis, bisa di search di google pakai kata kunci itu.
Good luck

Unknown said...

ya betul im2 broom unlimited koneksinya sering drop, jadi saya sarankan gunakan flash aja lebih stabil dan terbaik di kelasnya. Coba ja bro

adhipraz said...

Thanks, Rock buat sharingnya. Salam hangat.

bima said...

aq si pake indosat juga, tapi yang 3.5g.. aq pake selama kurang lebih 1 tahun si jarang ada masalah ya.. ya paling kalau lagi hujan aja sedikit ngdrop.. ^^

arif said...

gw pake tflash ancur banget koneksinya! buank2 duit gw aja! Maw migrasi aja gw kayaknya ke brooommm!! sampah

adhipraz said...

To arif, thanks atas sharingnya. Mohon kesediaannya untuk tidak menggunakan kata-kata yang bersifat ofensif untuk comment berikutnya ya (misalnya sampah di comment ini).
Salam hangat.

Anonymous said...

Broom juga sampah.. sama aja. swt.

adhipraz said...

Thanks sharingnya. Ini menunjukkan bahwa tiap orang punya pendapat sendiri-sendiri. BROOM dan Flash saya yakin ada kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berbeda di mata tiap orang. Yang penting kita belajar cara menyampaikannya baik-baik agar bermanfaat tetapi tidak menyakiti hati orang lain.
Caranya antara lain dengan tidak menggunakan kata-kata yang bersifat ofensif seperti sampah di beberapa comment sebelumnya.
Mohon kesediaanya untuk semua, dalam comment gunakan kalimat dan kata-kata yang baik dan bermanfaat.

Salam hangat.

Anonymous said...

masalah koneksi internet mobile baik itu IM2 atau Telkomflash pada dasarnya terletak pada sinyal yang dapat ditangkap. Hal ini bisa depangaruhi oleh tempat/lokasi juga bisa dipengaruhi oleh alat dalam hal ini modem. masalah lokasi tidak bisa di siasati. kecuali cari/pindah ke lokasi yang tepat. sedangkan masalah alat bisa disiasati, banyak berita/tulisan di berbagai site mengenai modifikasi/trick modem guna meningkatkan kualitas koneksi internet meskipun pada ahirnya tempat sangat menentukan. untuk itu bersyukurlah bagi orang yang berada di tempat yang tepat dan mempunyai modem yang berlangganan.kalo tempatnya tepat gak punya modem dan tidak berlangganan mudah2an ke depan bisa menikmatinya.salam!

adhipraz said...

Good point!!
Ini penjelasan yang sangat baik.
Thanks.

Anonymous said...

iya.. trus, walou tempatnya bagus, trus modemnya juga bagus.. tapi ga langganan apa-apa kan juga percuma.. sama aja jadinya.. ga bisa internetan juga jadinya.. salam damai buat semua..

adhipraz said...

Betul...

Unknown said...

saya pake mantab lho..... apa karna daerah saya? tp temen saya pke juga bilang mantab....

Anonymous said...

Flash mah ancur banget koneksinya, buang2 duit buat bayarnya doang tapi ga bisa dipake ampe2 udh bbrp bulan ini gw pindah ke m2..
better lah drpd Flush eh Flash..

klerk said...

flash punya orang, broom punya orang, kita mah engga ada untungnya bagus2in produk orang, mau pake mangga engga suka engga usah pake, gitu aja koq dibikin rame...

Heryrhey said...

Bener juga sih tp skrng flash dah beda mas skrng flash dah sangat lelet, jd pingin pindah ke speedy nih!!! btw thx infonya mas.

Anonymous said...

Yang punya Broom unlimeted per bulan 100rb yg udah gak kepakai tp masih aktif/masa tenggang saya mau beli hub. 081225598990

Irfan Nurul said...

Betul..lokasi menentukan kecepatan. Jadi tergantung pada jaringan yang tersedia. Dikantorku Smart Ultimate, Broom dan Flash kenceng, tetapi dirumah ortuku Flash lemot, tapi Smart&Broom malah kenceng. Tapi dirumahku, gantian Broom yang lemot. Padahal lokasi rumahku dan ortuku cuma berjarak 500 m. Cuma sharing aja. Salam.

Hotel Bintang dan Melati Murah said...

kalo saya pake M2 selama ini masih oke2 aja..

Uchay Rock said...

say pke IM2, sinyal si dapet.. tp browsingan lemot yah.. aneh bgt..

Siti K said...

mau telkomselflash atau broom, pertama yang dilakukan lihat dulu sinyal mana yang kuat, terutama 3G nya biar browsingnya lebih maknyuss... baru mau pilih mana, biar ga ada kesan menyalahkan dan menjatuhkan

Heri said...

Kuota flash jauh dibawah IM2,tapi flash lebih cepat.sehingga kuota flash akan cepat habis,sedangkan IM2 lama habisnya