4 Langkah Mudah Perpanjangan STNK dalam 20 menit

STNK motor saya habis bulan Desember kemarin. Dan baru sempat saya perpanjang hari ini. Biasanya, saya meminta jasa Bouche untuk perpanjangan. Tapi setelah baca bahwa kita bisa memperpanjang STNK sendiri dengan mudah dan cepat, saya tertarik untuk mencobanya sendiri. Hasilnya ternyata di luar dugaan.

Pagi ini saya berangkat dari rumah jam 8:45. Karena motor tersebut atas nama kakak saya, maka sebelum ke SAMSAT Bandung Barat, saya mampir dulu ke rumahnya untuk pinjam KTP asli.

Setelah mencari cari sebentar, saya berhasil menemukan kantor SAMSAT tersebut yang terletak di Jalan pajajaran 88. Kalau dari arah Istana Plasa ke lapangan udara, letaknya di kanan jalan.
Nah, berdasarkan pengalaman saya hari ini, ternyata mengurus perpanjangan STNK tahunan sangat mudah dan cepat. Believe it or not, hari Sabtu ini saya menyelesaikan seluruh proses hanya dalam waktu 20 menit. Jauh lebih cepat dibanding apa yang ditulis di sini.
Prosesnya juga sangat sederhana, kita hanya disuruh melakukan 4 langkah ini:
1. Mengambil Formulir (saya sempat nyasar ke tulisan Pintu Masuk, pengambilan formulir ada di luar lho. Formuli ini sangat sederhana, dan kita tidak perlu mengisi apapun. Nanti form itu akan diisi oleh petugas di dalam. (hanya beberapa menit)
2. Menyerahkan STNK dan KTP asli beserta Formulir pendaftara. Di sini STNK kita akan dikeluarkan dari plastiknya, digabung dengan KTP asli dan formulir tadi akan disobek 2. Satu dijadikan satu sama STNK, satunya diserahkan ke kita untuk bukti. (setelah menerima formuir, kita disuruh tunggu sekitar 15 menit).
3. Setelah menunggu, kita akan dipanggil ke loket pembayaran. Di sini kita melakukan pembayaran dengan menunjukkan sobekan formulir tadi. Setelah itu tunggu lagi.
4. Setelah menunggu sekitar 5 menit, saya dipanggil lagi untuk menerima STNK yang sudah diperpanjang. Beres. Hanya itu saja. Semua dalam satu ruangan.
Ini kali kedua saya sangat surprised dengan kinerja pelayanan aparat kita. Kali pertama saat saya ngurus SIM.
Jadi, saran saya, mulai sekarang urus sendiri perpanjangan STNK tahunan. Gampang dan cepat.
Namun demikian tentu saja saya masih melihat beberapa hal yang masih bisa diperbaiki.
1. Loket pengambilan formulir sebenarnya bisa digabungin dengan loket pendaftaran. Lha wong loket pengambilan formulir itu tugasnya cuman nyerahin formulir yang nantinya diisi oleh petugas di bagian pendaftaran.
2. Saat mendaftar, sebaiknya plastik pembungkus langsung dikembalikasn pada pemiliknya. Saya sempat tertukar plastiknya dengan milik orang lain, karena pembagian plastiknya tidak dikelola dengan baik. Hanya di tumpuk oleh petugas di sebuah wadah, dan masing-masing orang mengambil sendiri-sendiri.
Di luar itu, excelent. Salut saya. Mudah-mudahan ke depan semakin baik.
Salam hangat.


BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

8 comments:

puzaphoto said...

lam knal om...kyak'y rumah kita ga terlalu bjauhan,sama2 wilayah bdg barat..o ya kang ! mo nambain info sdikit..skarang bkan hanya 1thnan yg cepet dan gampang,5thnan ato bbn pun skarang cepet+gampang.bbn ga serumit thn2 yg lalu.skrang dgn 2 jam stnk dah beres dan bpkb+plat no menyusul 1 minggu kmudian.itu sy alami sndiri

adhipraz said...

STNK emang di Bdg Barat, tapi rumah di Bdg Timur. Thanks sharingnya, mudah2an bermanfaat untuk temen2 lain.
Salam hangat.

Anonymous said...

wahhh anu puguhmah dihese-hese kang, sagalana diduitkeun komo lamun BBN jeng mutasimah parah pisan, kalo pengen lancarmah cuman satu kata DUIT!!!!
kalo ga percaya coba aja tanya sama yg lain, yg kebingungan setelah sampai di Samsat

Anonymous said...

Mas, ini perpnjang stnk kok gak cek fisik? bayar pajak tahunan kali yah ini mah?

adhipraz said...

Anonymous 1: Mudah-mudahan mutasi dan BBN juga segera menyusul. Saya hanya mencoba melihat sisi baiknya, bahwa ada perkembangan positif di SAMSAT.

Anonymous 2: Ya kang...itu perpanjangan tahunan, bukan ganti pelat.

ikofx said...

Sekarang apakah ada perpanjang stnk secara online

modemphoneshop.com said...

Mantab.....saya juga mau nyoba nich...nyari info dulu...heheheh...
http://modemphoneshop.com/

wow said...

kok ngak ada keterangan biayanya