Mengecek kondisi kesehatan batere DELL Latitude D410

Laptop saya DEL Latitude D410 ternyata memiliki batere yang pinter. Selain bisa mengetahui sisa kapasitas yang ada, ternyata kita juga bisa mengecek kesehatan/performansi batere. Itu artinya kita bisa mengetahu apakah baterenya sudah drop atau belum. Penasaran caranya? Simak aja tulisan ini.

Batere DEL saya itu letaknya di bagian depat bawah, tepat di bawah palm rest laptop. Hebatnya lagi walaupun letaknya di situ tapi tidak menimbulkan panas di telapak tangan kita. Panas DELL saya terkonsentrasi di bagian belakang tepatnya dibawah bagian ataas keyboard.

Panas muncul terutama saat saya menggunakan untuk aplikasi besar dan saat dipangku, sehingga vent-nya tertutup.
Nah, kembali ke laptop... niruin kata Tukul.
Batere DELL yang satu ini memiliki sebuah indikator batere yang letaknya di tengah batere. Indikator ini terdiri dari sebuah tombol untuk mengecek dan 5 buah lampu yang mengindikasikan jumlah daya yang masih tersedia di batere.
Tombol pengecekan ini memiliki 2 fungsi yaitu untuk mengecek sisia daya/kapasitas dan performance batere. (Saya juga baru tahu hari ini setelah menggunakannya hampir selama 3 tahun. Itu aja gara-gara iseng baca-baca lagi manual booknya).
Nah, untuk mengecek sisa daya yang tersedia, kita tinggal memencet tombol tersebut sekali saja. Lampu akan langsung menyala, dan masing-masing lampu mengindikasikan sekitar 20% dari total daya yang bisa ditampung. Jadi kalau 5 lampu nyala semua, 100% masih ok.
Ternyata, selain itu, tombol juga bisa berfungsi untuk mengindikasikan kesehatan / performansi batere. Caranya sangat mudah juga. Kita tinggal memencet tombol itu selama 3 detik. Seteleh 3 detik dipencet, maka lampu akan menyala yang mengindikasikan kesehatan batere.
Caa bacanya berbeda dengan saat mengecek sisa daya batere.
Di sini, jika tidak ada lampu yang menyala, berarti kondisi batere masih sehat wal afiat. Dan menurut buku manualnya berarti kondisinya masih bisa menyimpan daya di atas 80% kapasitas maksimum.
Nah, kalau batere sering di charge dan discharge kan pasti akan turun tuh kemampuan menyimpannya. Jika lampunya menyala setelah kita pencet 3 detik, itu mengindikasikan baterenya udah mulai lemah. Makin banyak lampu yang nyala, makin parah kondisi batere. Dan perlu dipertimbangkan untuk segera diganti.
Anda juga bisa menggunakan tips ini untuk mengecek kondisi batere DELL saat membeli laptop DELL second.
Enak ya? Selamat mencoba.
Salam hangat dan mudah-mudahan bermanfaat.


BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

8 comments:

Uswatun Hasanah said...

tanya mas, kalo lampu indikator batre yang di sebelah indikator on/off berwarna hijau biasanya lagi charging, betul ga? trus kalo dia nyala warna kuning kenapa ya? apa itu juga indikator batrenya dah lemah?
trims

adhipraz said...

Bisa jadi. Saya belum pernah ngalamin masalah itu, dan saya coba search di google juga belum nemu yang membahas masalah itu.

Heri said...

Mas mau tanya..
saya bingung kenapa baterai laptop saya saat menghidupkan laptop ndak bisa tapi indikator power berkedip sebentar terus mati lagi, tapi saat charger di hubungkan ke laptop saya tekan power On laptop hidup, dan anehnya saat charger dilepas bateri berfungsi normal tahan seperti biasa. Tu kenapa ya mas???? Mohon perncerahannya mas,,, Trims

An_naz said...

Mas mau nanya, indikator batere saya kok ngg bisa mati yah,apa karena kemarin saya paksaian sampe abis?krna biasanya begitu indikator batere nyala merah langsung saya charge, ada saran ngg mas?suwun

Nur Cholis Sugiharto said...

mas laptop saya DELL 640 inspiron. lampu batreinya nyala terus kelima2nya. dilepaspun tetep nyala, dan jika carge di lepas gak bisa nyalakan laptop, apa itu pertanda baterei total gak bs di pake.

Armes Dzaki said...

Kalau Dell Inspiron 1464 gmna yaa??
Soalnya punya q ug kaya boros amat..
mksi :)

duddy febryannur said...

mas, mau tanya, laptop saya juga Dell latitude d410, kenapa ya baterai saya ngak bisa charge? lampu indikator bahwa baterai itu sedang dicharge juga ngak nyala? mohon bantuannya mas..

sbobet said...

sip bro...langsung ke TKP..
mo cek harsboganya nih