Pengemis Jalanan: To give or not to give (sedekah)

Pernah bingung mau ngasih receh atau tidak ke pengemis jalanan yang biasanya mangkal di traffic light (dengan kata lain haruskah kita bersedekah pada pengemis jalanan)? Saya sering mengalami kebimbangan seperti itu.

Kalau ndak ngasih, lha wong jelas Islam sangat menyarankan kita untuk memberi pada uang yang meminta-minta sama kita atau yang lebih dikenal dengan nama sedekah. Di lain sisi, saya juga pernah denger kalau kita ngasih mereka, dikhawatirkan akan membuat mereka semakin malas dan makin banyak orang yang tertarik dengan profesi itu. Kalau dibayangkan, memang profesi pengemis ini cukup menjanjikan karena penghasilannya lumayan dan tidak perlu kerja keras atau keahlian khusus yang membutuhkan biaya mahal untuk memperolehnya.

So what should we do?
Selama ini saya pada umumnya akan memberikan sedekah tetapi lihat-lihat orangnya. Tapi kalau kira-kira masih kuat dan tanpa cacat, tidak akan saya kasih.
Nah belum lama ini saya mendapat pemahaman baru dari hasil diskusi dengan istri saya. Karena keduanya sama-sama punya dasar pendapat para ulama, akhirnya saya pikir keduanya sama-sama benar. Nah yang penting di sini dan yang belum pernah saya lakukan adalah memperbaiki niatnya. Katanya semua amalan itukan tergantung niatnya kan?
Jadi, memberi sedekah maupun tidak memberi sedekah sama-sama memiliki kebaikan selama dilakukan untuk mencari ridho Allah.
Dengan pemahaman baru ini, saya akan lebih yakin lagi saat mengambil keputusan apakah akan memberikan sedekah atau tidak pada pengemis di jalan. Selama niatnya bukan karena kesal sama mereka (seperti yang selama ini terjadi dalam batin saya) atau hal lain selain ingin berbuat baik sama mereka, maka to give or not to give both are good things.
Saya punya keyakinan, Insya Allah dunia ini pasti ada keseimbangannya. Pada suatu saat, hati saya tergerak untuk memberikan sedekah, mungkin di lain saat karena melihat kondisi pengemisnya saya tidak berniat memberikan sedekah karena khawatir membuat dia terbiasa bermalas-malasan. Dan kalaupun saat saya tidak memberi, Allah akan memberikan rizki buat pengemis itu dari orang lain. Saya pikir keduanya adalah niat baik untuk mereka kan?
Anda setuju?

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

No comments: