Soal Ujian SIM


Soal Ujian SIM dalam tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengurus SIM sendiri. Sebagaimana saya sampaikan di atas, bahwa saya mengurus SIM baru, sehingga saya mengikuti seluruh proses yang ada termasuk ujian teori SIM dan prakteknya. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna sebagai bekal anda dalam mengikuti ujian teori SIM C maupun A beserta ujian prakteknya. Tulisan ini tidak ditujukan sebagai panduan resmi namun hanya sebagai sharing pengalaman saja, karena soal ujian teori memiliki beberapa jenis, dan masing-masing tidak sama. Namun demikian semoga anda mendapat gambaran yang lebih jelas tentang soal ujian SIM ini.

Soal Ujian SIM C dan SIM A sebenarnya cukup mirip dan tidak terlalu sulit. Namun demikian bukan berarti dapat dilakukan tanpa persiapan, hal ini terbukti dengan tidak lulusnya beberapa orang yang ikut ujian bersama dengan saya. Soal ujian teori SIM C dan A sama-sama terdiri dari 30 soal dengan waktu penyelesaian 45 menit. Berikut beberapa jenis soal yang sempat saya ingat.


Soal Ujian Teori SIM
Soal Ujian SIM C
Ujian teori SIM C antara lain meliputi: rambu prioritas jalan (ingat panah warna putih ke atas dan warna merah ke arah bawah kan?), jalan licin, Dilarang melakukan U Turn, jalan turun, arti rambu jalan berupa garis kuning, putih dan putus-putus di tangah maupun di bahu jalan, prioritas jalan untuk berbagai situasi di persimpangan jalan dan tanda ayunan tangan polisi saat mengatur lalu lintas.


Soal Ujian SIM A
Ujian teori SIM A memiliki banyak kesamaan dengan materi soal ujian teori SIM C dengan tambahan antara lain mengenai ketentuan penggunaan SIM A, B dan jenis SIM lainnya, KIR, masa berlaku sim termasuk ketentuan pencabutan sim.

Ujian SIM Praktek
Soal Ujian SIM C:
Ketentuan dalam ujian praktek ini adalah bahwa kaki tidak boleh turun, dan terdiri dari 3 bagian:
- Jalan lurus sempit
- Jalan membentuk angka 8 yang sangat kecil
- Jalan zigzag yang sangat sempit dan sulit. Saya gagal di ujian ini 3 kali. Setelah 4 kali baru berhasil

Soal-soal ujian SIM tersebut menurut saya terlalu sulit untuk dilakukan apalagi untuk orang yang belum lama belajar naik motor. Bahkan saya yang sudah berpengalaman hampir 20 tahun mengendarai motorpun merasa kesulitan dengan ujian ini terutama ujian zigzag (lihat gambar di atas). Hal ini diperkuat dengan tingkat kegagalan yang sangat tinggi bagi para peserta, rombongan saya bahkan gagal semua.
Setelah saya pikir, ujian ini nampaknya sama sekali tidak berguna di dunia nyata. Emang siapa yang akan jalan di gang, sambil zigzag dan repot-repot tidak turun kakinya ke jalan. Ndak mungkin deh, menurut saya malah kalau hal itu dipraktekkan malah akan membahayakan pengguna jalan lain.
Saya jadi kepikiran, bahwa jika lulus ujian ini, maka kita bukannya akan memerlukannya di jalan beneran tetapi di sirkus sebagai ahli akrobat. Jangan tertipu dengan contoh yang diberikan oleh petugas di sana yang seolah-olah mudah doilakukan. Percayalah, mereka bisa melakukan dengan mudah karena mereka sudah melatihnya setiap hari. Bagi orang-orang yang baru mencobanya pertama kali kemungkinana besar akan kesulitan karena kapan kita pernah melakukan hal tersebut di jalan raya? Di tambah lagi, kita tidak diperkenankan mencoba terlebih dahulu agar paling tidak dapat membiasakan diri. It gets harder.
Pemikiran saya, kalau ujian SIM C ini dibiarkan seperti ini tidak heran banyak orang yang frustasi dan mendorong mereka untuk ambil jalan pintas dengan menggunakan jasa calo ya?
Kebetulan bersama saya ada orang yang sudah 3 kali ikut ujian praktek ini dan masih gagal juga. Kebayangkan, frustasinya bolak-balik ke kantor polisi cuman untuk ujian selama sekitar 10 menit. Gagal maning…gagal maning…

Berikut beberapa tips dari saya yang sudah gagal 3 kali mencoba
- Saat berbelok ambil mepet ke kiri juika akan belok kiri dan sebaliknya.
- Gunakan gigi 2 untuk mempermudah pengaturan gas lebih halus.
- Pergunakan motor milik anda sendiri agar anda sudah terbiasa dengan motor tersebut.
- Khusus untuk zigzag jangan ambil terlalu melebar, ambil arah lurus dan semepet mungkin dengan palang pertama, dan segera belokkan roda depan anda ke arah sebaliknya begiru melewati rintangan pertama.
- Jangan pikirkan roda belakang, sebagai gantinya fokus ke roda depan agar dapat melalui rintangan semepet mungkin dan menjaga keseimbangan.
- Anda dapat membuat latihan sendiri dengan cara membuat lubang kotak ukuran 15 x 15 jarak sumbu 1 m sebanyak 6 buah dan cobalah untuk melaluinya secara zigzag tanpa terperosok ke dalam lubang tersebut.

Update 23 Juli 2009: Ada tips baru yang saya dapet hari ini dari teman, saya sendiri belum mencobanya. Tipsnya adalah gunakan choke, tujuannya agar saat motor di gas akselerasinya tidak terlalu cepat sehingga memudahkan kontrol saat belok-belok. Jangan terlalu besar chokenya ya, kuatirnya malah motor gampang mati.


Saran saya untuk penyelenggara:
- Biarkan peserta mencoba terlebih dahulu untuk membiasakan diri.
- Soal ujian seharusnya dipermudah misalnya dengan memperlebar jarak antar rintangan atau ukuran angka 8. Toh tujuan kita hanya mengecek kemampuan mengendarai seseorang, dan bukan untuk mencetak ahli akrobat.
- Harapannnya, dengan berkurangnya tingkat kesulitan ujian praktek ini, maka orang tidak akan terdorong untuk nembak.


Soal Ujian SIM A
Ujian Praktek SIM A hanya terdiri dari 1 aktivitas yaitu parkir di antara rintangan dari arah kiri dan kanan. Ketentuannya adalah bahwa kita tidak boleh memajumundurkan mobil saat proses parkir tersebut. Dengan kata lain hanya boleh mundur saja.
Berikut beberapa tipsnya:
- Biasakan terlebih dulu dengan pedal gas, umumnya mobil yang digunakan sudah tidak layak lagi pengaturan gasnya dan sudah habis kanvas koplingnya.
- Atur kaca spion terlebih dahulu sesuai kebutuhan kita. Pastikan bahwa bagian roda belakang nampak di spion kita.
- Lakukan perlahan-lahan dan kalau perlu berhenti dulu. Ingatlah bahaw ayang dilarang adalah maju dan bukan berhenti. Berhenti sejenak akan membantu kita mengukur jarak lebih baik.
- Perhatikan posisi ban belakang dan rintangan, ambil semepet mungkin jarak antara roda belakang dan rintangannya.
- Ambil putaran yang agak jauh agar mobil lebih lurus saat masuk dan tidak menyenggol rintangan di sisi lain.

Ok. Itu sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat. Jika anda memiliki pengalaman atau tips lainnya, atau ingin menyempurnakan tulisan ini silahkan masukkan komentar anda.

Saran terakhir, Mari kita perbaiki bangsa ini mulai dari diri kita dengan menggunakan prosedur resmi mengurus SIM, at least untuk perpanjangan. Saya juga belum tahu, apakah ujian SIM ini bisa dilakukan di outlet SIM yang ada di Mall. Kalau bisa asik juga ya.

BTW: Kalau pengen belajar cara memperoleh uang puluhan juta dari bisnis internet silahkan klik di sini.
Cara Mudah Belajar Membuat website dan blog sendiri!
Silakan klik di kursus-online.com. Sok atuh di klik biar kelihatan :).

Bingung Cari Uang atau Pengen dapet penghasilan tambahan? Silahkan coba JUALAN PULSA. peluang Rp. 2 M/bln, Bonus 250 jt, Anti Rugi, GRATIS Registrasi, modal kecil. Silahkan klik di sini.

37 comments:

=gOn= said...

wah mirip2 sy nih pengalamannya. emang gitu sih kalo ngurus sendiri.

lihat sharing sy di http://hannyks.multiply.com/journal/item/51/Ujian_Praktek_SIM_A._Seberapa_Sulit

btw, sy ada buku ujian teori sim sbb:
http://hannyks.multiply.com/journal/item/50/SOAL_Ujian_Teori_SIM._Seberapa_sulit

adi KRZ said...
This comment has been removed by the author.
adi KRZ said...

thanks banget teluisanmu sangat berguna, ntar ku coba tipsny

Dedi said...

halo makasih saya akan coba lagi besok, soalnya saya udah 3 kali gagal masuk rintangannya (SIM A). padahal saya ujian teori dapet 80 lho :((

Anonymous said...

Salam kenal,

Maaf, membaca sedikit pernyataan Anda bahwa ujian praktek SIM C dimana peserta diharuskan mengendara zig-zag tidak berguna di lapangan menurut saya tidak benar.

Sebetunya tujuan dari praktek itu adalah menunjukkan bahwa kita tangkas mengendarai motor di jalan raya yang memang tidak bisa diprediksi keadaannya, misal macet, atau force mayor seperti pohon tumbang, tanah longsor dll.

Bagi yang memang belum mampu, seharusnya berlatih dahulu di lingkungan perumahan atau di lapangan sehingga tidak merasa sulit melakukannya.

Jadi bukan hanya karena sudah merasa bisa naik motor tidak roboh, terus merasa mampu berkendara di jalan raya.

Terima kasih

[Responsible Rider]

mulyadi said...

begini kalau ngurus sendiri pada saat ujian teori, jika kita tdk lulus apakah kita diberikan hasil ujiannya, dimana salahnya, tidak kan?, dimana kita salahnya kita juga tdk tahu, jd disini polisi tdk mendidik masyarakat, untuk mempelajari apa yg harus diketahui, bisa saja jawabannya betul, lalu dibuat salah, lalu bayar ujian lagi,kalau mau real mendidik, berikan hasil jawaban, dg begitu kalau di tes lagi, kita sudah tahu informasi tentang lalu lintas, karena teman2 saya ingin jujur tdk lulus ujian teori sampai 3 kali akhirnya, nembak2 juga. karena informasi yg harus diketahui sulit didapatkan, misalnya kita mau belajar mate-matika, ada bukunya, di internet jg banyak gratis, tapi soal ujian teori susah dptnya, padahal yg paling penting bukan hanya teori tp lulus ujian praktek juga.

Anonymous said...

Ini ada simulasi tulis ujian SIM A, B, C ..
lumayan .. pertama coba .. betul 36 dari 40 soal ...
(kalo yg bener2 newbie .. wah .. betul 10 udah bagus .. hehe, banyak jebakan juga ya ..)

http://www.indonesia-policewatch.com/adil/sim.php?action=simc

Anonymous said...

makasih buat sharingnya, kemarin saya baru ikut ujian teori tapi gagal. soal soal yang ada di www.indonesia-policewatch.com/adil/sim.php?action=simc cuma keluar 2 (dua) soal saja. sisanya ya mikir sendiri. memang kalo kita ingin lulus ujian ya harus mesti ada materi yang harus dipelajari. Percuma kalo ujian nggak belajar. Tapi apa yang bisa kita pelajari?? Cari buku panduan untuk ujian teori aja susah banget di internet. Jadi sebel gueeeeeeee

Anonymous said...

wah, waktu liburan tahun baru saya juga gagal.. memang baru satu kali gagal sih,tetapi tetap saja saya kesal sedikit, kenapa gagal ya. hahaha... terima kasih loh blognya, sehingga saya bisa bersiap supaya tidak gagal lagi.

Anonymous said...

wah, waktu liburan tahun baru saya juga gagal.. memang baru satu kali gagal sih,tetapi tetap saja saya kesal sedikit, kenapa gagal ya. hahaha... terima kasih loh blognya, sehingga saya bisa bersiap supaya tidak gagal lagi.

Anonymous said...

Anda juga bisa lihat pengetahuan dan contoh soal-soal (ada lebih dari 70 soal) di suksesbuatsim.blogspot.com

semoga berguna.

Lalu lintas said...

saya mempunyai banyak soal sim di suksesbuatsim.blogspot.com

semua dari panduan buat sim

Zhafir said...

setuju bgt tuh, kan kita ambil sim biar bisa mengemudi secara profesional di jalan raya, bukan mau akrobat...

adhipraz said...

Begitulah pendapat saya, walaupun saya lihat ada juga yang berpendapat lain.
Salam hangat.

dismas070492 said...

bulan april kemaren ku ultah ke 17. jadi bulan itu juga aku ikut ujian sim a lewat jalur resmi. ikut ujian teori plus praktek. ujian teori minimal harus bener 20 soal dari 30 soal. Yang pertama aku gagal. Cuma bener 19soal. keesokan harinya aku mengulang. Akhirnya bisa lolos dengan bener 21soal. Ujian praktek bikin deg-degan. 3 peserta di depanku gagal semua. Padal mereka umurnya lebih tua. Kira kira 20an taun. Pas giliranku, udah pada under estimate semua(halah, ni anak kecil paling cuma pengen nyoba nyoba, hehe. liat aja ntar). Tapi, aku lulus. Cz udah latian tiap hari sejak 3hari sebelum ujian. Piye, satu satu nya anak kecil tapi aku lulus lho..wkwkwk..

Dijamin, peluang lulus ujian praktek sim a sangat kecil kalo bro n sist ga latian dulu. Cz butuh konsentrasi n pembawaan yang tenang. Pengukuran yang tepat juga penting. Jujur ni ujian praktek sim a lebih sulit dari ujian praktek sim c.

ni di blogku aku punya sekilas soal ujian sim a plus jawabannya:

http://dismas070492.wordpress.com/2009/07/25/328/

Dirgadava said...

wah bner bgt tu bro...susah gila,ne gw jg hbis tes,,N bgonya gw di tes teori ja gw ggal,,pdhal kurang 1 aja,,,,mklum gw bru 1st klinya

dismas070492 said...

sebenarnya kemampuan zig-zag ketika mengemudi motor memang tidak terlalu penting. Yang penting dan sangad amad penting sekali banget puol itu adalah:
-pengemudi harus dikasi tau kalo mau nyalip kendaraan lain harus lihat spion dulu.(liat aja di jalan. banyak orang yang naiknya kalo nyalip tiba tiba geser kiri geser kanan. huh, menjengkelkan. Kalo saya hampir kesrempet orang semacam itu, pasti tak pepet ganti. Tak jatuhkan sekalian kalo udah terlalu.).
-kalo mau balik harus nyalakan lampu sein. Liat liat lalu lintas di sekitarnya. jangan asal nyelonong.
-keluar dari gang ke jalan besar
masih banyak lagi deh pokok'e.


intinya 1= "jangan mengganggu" pengemudi lain.

Hanya 2 kata yang kelihatannya sepele. Tapi mewujudkannya susah sekali.

Blogdynata said...

Saya setuju dengan pendapat mas Mulyadi bahwa untuk ujian teori pembuatan SIM perlu adanya persiapan.

Tp kemna kita harus mencari informasi untuk bis mempersiapkan diri agar dapat lulus ujian teori pada saat pembuatan SIM C?

Sedikit informasi yang saya dapat dari Om Google mungkin bs cukup membantu bagi anda yang ingin mengajukan permohonan SIM C.

Berikut Linknya: http://polwilcirebon.lodaya.web.id/fungsi-operasional/sat-lantas/materi-ujian-sim-c/

Memang informasi tersebut tidak perlu dihafal tp dipahami. dan dari Materi tersebut, dan tidak 100% sama dengan soal teori yang kita dapat nanti. Tp minimal bisa memberikan maanfaat untuk anda & menambah pengetahuan Tata cara berlalu lintas. Semoga dapat Membantu. Terima Kasih.

Best Regards,
Ardynata

Ichsan said...

Saya juga ngambil sim pekan lalu. Emang banyak yang dicurangi oknum. Tapi Alhamdulillah, hanya dengan 1x kedatangan, saya mendapatkan SIM C dengan hanya 95rb rupiah. Silahkan lihat kumpulan 500 soal ujian serta tips jitu (termasuk mengatasi kejahatan oknum) agar bisa lulus SIM C dengan sekali percobaan di http://michsan.web.id/content/bagaimana-ujian-sim-c-secara-sukses-di-satpas-daan-mogot

Anonymous said...

wah ngebantu bgt mas info ini, apalagi saya baru belajar motor, saya harap ketika test nanti bisa lebih mudah, makasih atas tips'a ....

kaskus said...

terimakasih tips-nya.

foo said...

mau soal sim yang lengkap plus jawabannya?? aku ada 500 soal lengkap plus jawabannya, kirim aja email ke foo.ahza@gmail.com ntar q kirim soalnya... FREE..g pake bayar.. pengen membantu sesama, cz dh lulus ujian sim, hehe..

foo said...

sementara neh...yang kirim email dah banyak... moga cepet lulus yahh...
btw, numpang dagang boleh ga ya??
mau jual HP K touch smart e 329 q neh... 850ribu aja,,semua lengkap, kondisi masih mulus... butuh uang cepat. yang berminat, kirim email aja ke foo.ahza@gmail.com ato sms ke 089681943240

foo said...

All,,karena aq jarang buka email, jadinya ngerasa bersalah cz balesnya lama, jd filenya q upload d 4shared, download dari sini aja ya soal-soal SIM nya..
http://www.4shared.com/file/yCORDvIq/Soal_SIM_500_soal_lengkap.html
sama2 free nya kok...^^

ian said...

saya dulu 2006 bikin sim sesuai prosedur.

Tes teori lulus, tidak tahu benar berapa dan salah berapa (tidak ada penjelasan dari petugas).

Tes praktek gagal, suruh mengulang seminggu sekali sampai 13 kali atau 3 bulan. yang ketiga belas kalinya lulus karena rajin latihan di lapangan dekat masjid.

Bulan ini ( januari 2011 ), sim sy dipinjam saudara ( wajah hampir mirip ) eh malah hilang, dah githu tidak ada photocopy sim-nya. Mau bikin surat kehilangan jadi malas.

3 hari lg insya Allah motor baru ( kredit ) di antar ke rumah. Mau nggak mau harus ada sim baru juga. ahh.. rencana mau nembak saja meski terbesit ingin sesuai prosedur lagi.

M Fahri said...

Tetep aja sampai sekarang ngurus sim sendiri masih dipersulit.
Jelas sekali saat kita ujian teori dan praktek. dibuat gagal. yang ujungnya "Pak..., Mohon bantuan..."
Ujian teori akal2 mereka aja pakai pinsil 2B, padahal semua itu manual dan bisa dipermainkan, memang kita tidak punya bukti. Tapi memang begitulah di Polisi.
1 yang waras 100 yang gila. jadi yang gila itu yang waras.

Semua yang teman2 rasakan saat mengurus sim sendiri pasti sama.

Semoga Polisi kita malayani lebih baik lagi kedepannya. Amin..

Rahardjo Widiarto said...

Sejauh pengalaman saya waktu ikut ujian SIM-A beberapa thn lalu di Surabaya, materi uji prakteknya banyak sekali. Antara lain: memajukan; memundurkan; putar dalam area terbatas; parkir L mundur; parkir pararel; parkir sirip (serong), dan berhenti di tanjakan dengan hanya main kopling dan gas. Dan waktu itu saya gagal, InsyaAllah dalam waktu dekat mau coba lagi, soalnya sudah dpt ilmunya hehehe... :D

BISMO said...

buat Anonymous said...
anda mengatakan bahwa sbtlnya zig-zag berfungsi dijalan misal menghindari pohon tumbang atau tanah longsor, menurut saya daripada zig-zag mendingan montor saya tinggal ttrus lari..
gitu aj kok repot...
:S

BELI SIM bukan bikin sim said...

tanggal 17 maret ke daan mogot mau bikin SIM C.
tes teori gagal (14 dari harusnya 18) terus ada remed, tapi gagal lagi (16 dari 18).
penasaran, tanya ke polisi untuk tau jawaban yang benarnya apa (biasa kritis di kampus kalo abis terima nilai ujian)
tapi apa yang terjadi?
saya dicap ga percaya sama polisi dan mencurigai polisi melakukan tindakan tidak jujur (sengaja ga dilulusin).
hmm kenapa dia bisa berpikiran seperti itu ya?mungkin emang bener.

akhirnya minta bantuan aja sama calo, daripada pulang ga bawa sim.
(gagal menjadi warga negara yang baik dan jujur)
tapi, ternyata saya udah di blacklist ga bisa dibantu.

ckckckck
begitu kah tindak aparat yang hampir ketahuan niat buruknya?

Saputra Mulya said...

http://mulya.site40.net/ujianteori.swf


semoga dapat membantu
^_^

Saputra Mulya said...

http://mulya.site40.net/ujianteori.swf

agro, buah said...

waduh aku cari2 tutor vidio ujian teori mdan praktek yang bergambar kok kagak nemu ya...

Anonymous said...

oz-one-corp.blogspot.com

Teknologi Sepeda Motor said...

Nice, dgn ujian teori diharapkan calon pemegang SIM dpt lebih memahami rambu2 yg ada di jalan sedang ujian praktik dpt memperjelas klayakan dlm mengemudikan kendaraan.

Keru Anju said...

Gan, boleh minta Nope agan ga? ad yg mo sy share tp gak bisa disini. ohya, mampir ke lapak ane Gan (biar kenal) http://birojasastnk-bogor.blogspot.com
No contact ane, 0856-8132225. Ditunggu ya Gan

UKNQ said...

Terimakasih infonya sangat membantu. Semoga saya bisa lulus ujian sim A

Nonton Film Online said...

Wah ..
infonya menarik sekali juragan ,silahkan mampir dulu gan

hehehe